Berita

PKB dan Garda Bangsa Bantu Korban Banjir

Salurkan Logistik – Bantu Warga Bersihkan Sisa Material Longsor


LAMPUNG.JARRAKPOSSUMATERA – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tanggamus dan sayap partainya Garda Bangsa terus melakukan upaya untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir dan longsor di Kecamatan Semaka, Tanggamus.

Setelah sehari sebelumnya Fraksi PKB dibawah komando Zulki Qurniawan turun langsung kelapangan. Sabtu (11/01/2020) Ketua DPC PKB Tanggamus yang juga anggota DPRD Lampung, Azwansyah bersama Ketua DKC Garda Bangsa setempat, Irwandi Suralaga datang dan memberikan bantuan.

Bahkan, tokoh PKB Tanggamus tersebut sempat ikut terjun membersihkan material reruntuhan longsor yang menutupi jalan lintas barat (Jalinbar).



DPC PKB memberikan bantuan berupa makanan siap saji dan sembako, kepada korban banjir dan longsor di Pekon (desa) Padawaras dan Pekon Sedayu dimana di wilayah tersebut terdapat Pisko Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

“Kami langsung bergerak cepat. Setelah sebelumnya FPKB Tanggamus sudah lebih dulu kesini (lokasi bencana). Hari ini (Sabtu) saya turun langsung bersama pengurus lainnya,” kata Azwan, Sabtu (11/01/2020).

Menurut Azwan, untuk saat ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan oleh masyarakat. Sebab, pemerintah telah bergerak cepat untuk melakukan aksi tanggap bencana. Karenanya, situasi terkendali.

“Kami salurkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak banjir dan longsor, juga terjun langsung guna memastikan situasi terkendali. Pemerintah melalui instansi terkait juga bergerak cepat. Sehingga ruas jalan yang sempat terputus kini sudah kembali dapat dilalui kendaraan,” tuturnya.

Selain itu, merespons kejadian banjir tersebut DKC Garda Bangsa (Ormas pemuda PKB) terus berkoordinasi dengan KBNU terutama Banser yang langsung bergerak menuju lokasi banjir dan longsor.

“Saat ini relawan dari Banser dan Garda Bangsa masih bertahan di lokasi bencana untuk melanjutkan assesment warga terdampak dan membantu membersihkan sisa lumpur,” kata Ketua DKC Garda Bangsa yang juga Wakil Pimpinan DPRD Tanggamus, Irwandi Suralaga.

Irwandi menjelaskan, saat ini warga yang terdampak banjir sudah mulai membersihkan tempat ibadah, fasilitas umum dan rumahnya masing-masing dan dibantu relawan.

“Masyarakat masih memperbaiki rumahnya dan membersihkan lingkungan akibat banjir bandang,” pungkasnya. (tim)

Editor : Ariyadi Ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *