LAMPUNG

Polda Lampung Amankan 3 Koruptor RSUD Pesawaran

LAMPUNG.JARRAKPOSSUMATERA – Ditkrimsus Polda Lampung mengamankan tiga tersangka tindak pidana korupsi pengadaan Gedung Rawat Inap RSUD Pesawaran. Hal tersebut diungkap Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad dalam ekspos kasus di Mapolda Lampung, Rabu (15/1/2020).

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, ketiganya Raden Intan Putra (RIP), Taufiq Urahman (TU), dan Juli (J) melakukan korupsi pembangunan gedung rawat inap lantai 2 dan 3 dengan nilai kontrak Rp 33,8 miliar.

“Tersangka RIP adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), TU adalah kontraktor dan tersangka J adalah konsultan pengawas,” kata Zahwani Pandra.

Kemudian, lanjut dia, Taufiq Urahman Direktur PT Asri Faris Jaya selaku kontraktor, dan Julian sebagai Konsultan Pengawas, dari CV Pandu Jaya.


“Koruspsi pada pembangunan gedung rawat inap, lantai II dan lantai III, dengan nilai pagu anggaran Rp33,81 miliar, lelangnya sudah dikondisikan, dan pembangunan tersebut tidak sesuai dengan teknis RAB. Ketiganya sudah kita tetapkan sebagai tersangka,” tuturnya.

Dari hasil audit BPK RI sebagai keterangan ahli ditemukan kerugian negara RP4,89 miliar. Aparat menyita barang bukti berupa uang tunai sisa kasus tersebut sebesar Rp590 juta, empat HP, dan dokumen yang berkaitan dengan proyek tersebut.

“Kita berhasil selamatkan kerugian negara. Bisa saja ada tersangka lain, jika ditemukan fakta baru,” jelas dia.

Dari hasil penyidikan Ditkrimsus Polda Lampung, kata dia, ditemukan kegiatan lelang dikondisikan agar dimenangkan oleh perusahaan tertentu.

Ketiganya dijerat Pasal 2 atau 3 UU RI No. 31 Tahun 1999 tentang korupsi sebagaimana diubah dengan UU RI No. 20 tahun 2001. (tim)

Editor : Ariyadi Ahmad

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close